Sabtu, 24 Maret 2012

Tugu NOL Kilometer


 Tugu NOL kilometer ini merupakan titik nol versi gw... padahal mah cuma ngikut2 doank heheheh tapi nich sejarahnya coba di delok yo ben pada pinter kabeh.....

Tugu yg diresmikan pada 9 September 1997 oleh Bpk. H. Try Sutrisno (wakil presiden Indonesia di masa orde baru) ini terletak di 5o 54’ 21.99” L.U. (lima derajat lima puluh empat menit dua puluh satu koma sembilan sembilan detik lintang utara) dan 95o 12’ 59.02” B.T. (sembilan puluh lima derajat dua belas menit lima puluh sembilan koma nol dua detik bujur timur), 29 kilometer dari ibukota Pulau Weh, Sabang.
 Sebenarnya titik dimana tugu ini berada bukanlah titik terbarat Indonesia. Namun karena titik terbarat yg sesungguhnya berada di pulau Rondo yg tidak berpenghuni, jadilah titik ini ditetapkan sebagai Titik Nol Indonesia. Dari atas bukit dimana tugu ini berdiri kita bisa melihat Samudera Hindia dan beberapa pulau kecil di sekitar Pulau Weh (yg ternyata bentuknya benar2 mirip huruf ke-23 daftar alfabet, W).
Namun sayangnya tugu ini nampaknya kurang diperhatikan kelestariannya. Di dinding tugu ini banyak sekali coretan2 para pengunjung yg nakal. Bahkan plakat peresmian tugu tersebut pun tak luput dari ulah iseng para pengunjung. Mereka menuliskan nama atau apapun itu sebagai “tanda” bahwa mereka pernah kesana. Padahal dinas yg bersangkutan sudah menyiapkan sebuah tempat bagi para pengunjung yg berniat untuk menorehkan jejak disana.
Tulisan sejenis: http://hendrisilaen.blogspot.com/2007/06/titik-nol-indonesia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar